Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
PENGETAHUAN :
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KETERAMPILAN :
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
KOMPETENSI PENGETAHUAN :
3.1.1 Mengenal Internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi).
3.1.2 Mengenal konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband).
3.1.3 Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak.
KOMPETENSI KETERAMPILAN :
4.1 Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet.
KOMPETENSI PENGETAHUAN :
3.2 Memahami bahwa bagaimana manusia berinteraksi dengan komputer melalui algoritma, dan bahwa algoritma dirancang untuk mengeneralisasi solusi berbagai situasi.
KOMPETENSI KETERAMPILAN :
4.2.1 Membuat robot yang mampu menggambar atau menulis dengan program sederhana.
4.2.2 Mendefinisikan variabel, menyimpan data dan mengubahnya.
4.2.3 Memakai instruksi kondisional.
KOMPETENSI PENGETAHUAN :
3.3.1 Mengenal lebih dalam perkembangan komputer dan teknologi yang mengubah kehidupan sehari-hari.
3.3.2 Mengenal media sosial dan dampaknya.
KOMPETENSI KETERAMPILAN :
4.3 Memakai media sosial dengan baik dan berguna, dengan memperhatikan privasi dan hak orang lain.
KOMPETENSI PENGETAHUAN :
3.4 Computational Thinking untuk persoalan komputasi yang lebih kompleks dari sebelumnya.
KOMPETENSI KETERAMPILAN :
4.4 Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung jejaring, pola, dan algoritmik.
KOMPETENSI KETERAMPILAN :
4.5.1 Menumbuhkan budaya informatika dan TIK lewat berpikir komputasional (Fostering computing culture).
4.5.2 Kolaborasi lewat tematik.
4.5.3 Recognizing and defining computational problems (mengenali dan mendefinisikan problema-problema yang dapat diselesaikan dengan model komputasi.
4.5.4 Developing and using abstractions (mengembangkan dan menggunakan abstraksi
4.5.5 Creating computational artefacts: Mengembangkan atau bahkan jika mampu menciptakan artefak/produk TIK atau model komputasi misalnya program komputer.
4.5.6 Testing and refining computational artefacts : menguji dan memperbaiki/menyempurnakan artefak/produk TIK atau model komputasi.
4.5.7 Communicating about computing Mengkomunikasikan tentang informatika lewat pengungkapan secara lisan pengalaman berpikir komputasional dan penggunaan TIK.