Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
3.5 Computational Thinking untuk menyelesaikan persoalan komputasi yang mengandung struktur data lebih kompleks dan berpola.
4.1.2 Mematikan komputer dengan benar.
3.5. Menyelesaikan persoalan-persoalan komputasi yang mengandung graf/jejaring, pola sederhana, dan algoritmik (terutama untuk robot/gerakan visual).
Memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus
Menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka
Mengolah sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
Siswa dapat memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus
Siswa dapat menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka
Siswa dapat membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Karakter siswa yang diharapkan:
Disiplin, kerja keras, dan mandiri
Pertemuan Ke-7 s.d. 12
Data angka adalah data yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan. Data angka dapat berupa angka 0 sampai dengan 9, + , -, -, $, dan (...). Perbedaan antara data teks dan data angka terletak pada perataan teks. Pada teks data akan merapat ke kiri, sedangkan pada numerik data akan merapat ke kanan.
Perangkat lunak pengolah angka adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menyimpan dan mengolah data dalam bentuk angka.
Workbook adalah file/dokumen yang terdiri dari lembaran-lembaran (sheet).
Data label adalah data-data berupa teks atau karakter yang tidak akan dilakukan operasi matematika.
Data value adalah data-data yang berupa angka atau rumus-rumus yang dapat dilakukan operasi matematika.
Salah satu fungsi utama penggunaan perangkat lunak pengolah angka adalah untuk keperluan perhitungan data secara otomatis.
Fungsi adalah program siap pakai yang disediakan Excel untuk membantu mempermudah pengolahan data. Fungsi-fungsi tersebut dikelompokkan menurut jenisnya, misalnya fungsi keuangan (financial), fungsi matematika (math and trigonometry), dan sebagainya.
Ceramah, Demonstrasi, dan Latihan
Pertemuan Ke-7 s.d.12
Pendahuluan (30 Menit)
Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, serta membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai bagaimana memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, serta membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (420 Menit)
Mengamati:
Guru meminta siswa memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, serta membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, serta membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara disiplin, kerja keras, dan mandiri
Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
Guru membahas dan berdiskusi mempertanyakan tentang bagaimana memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, dan membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Mengumpulkan Informasi:
Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang bagaimana memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, dan membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Informatika VII dan mencari sumber belajar lain
Guru dapat menyediakan sumber belajar buku paket dan referensi lain
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok
Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
Guru membimbing siswa untuk memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, dan membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai bagaimana memahami data berupa angka dan hasil perhitungan rumus, menyimpan serta mengakses dokumen yang berisi data angka, dan membuat sebuah sheet yang mengandung data, rumus, dan hasil pemakaian beberapa fungsi
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku- buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Alat: Komputer, LCD, peranti lain yang dibutuhkan (handphone/tablet)
Media: PowerPoint
Sumber belajar:
Buku Informatika VII
Buku paket
Buku referensi lain
Teknik/jenis: kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap