Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi
Mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai
Mematikan komputer dengan benar
Menjelaskan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Mengenal dan memahami tentang pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi
Memahami proses yang terjadi ketika sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai
Memahami prosedur mematikan komputer yang benar
Mempraktikkan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
Memberikan penjelasan tentang macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
Siswa dapat mengenal dan memahami tentang pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi
Siswa dapat memahami proses yang terjadi ketika sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai
Siswa dapat memahami prosedur mematikan komputer yang benar
Siswa dapat mempraktikkan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar
Siswa dapat menjelaskan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Karakter siswa yang diharapkan:
Bersahabat/komunikatif, disiplin, dan rasa ingin tahu
Pertemuan Ke-1 s.d. 6
Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat mengolah data menjadi informasi serta dapat menjalankan program berdasarkan suatu aturan tertentu.
Komputer adalah alat yang multifungsi, fungsi komputer sebagai berikut.
Menambahkan, memperbaiki, dan mengambil informasi sampai mengirimkannya kembali ke benua lain melalui satelit komunikasi dan saluran telepon.
Dapat menghitung, membandingkan, mensimulasikan kegiatan-kegiatan, dan mengontrol proses dalam sebuah industri.
Melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan penelitian ilmiah.
Dapat menguji semua pekerjaan-pekerjaan dengan benar, tepat, mudah, dan cepat.
Perangkat keras (hardware) adalah perangkat-perangkat komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba.
Perangkat proses (process device) adalah perangkat yang berfungsi memproses masukan yang diterima oleh komputer sehingga dihasilkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.
Perangkat keluaran atau output device merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU. Hasil keluaran tersebut dapat dibaca di layar monitor atau cetakan kertas.
Ceramah, Demonstrasi, dan Latihan
Pertemuan Ke-1 s.d. 6
Pendahuluan (30 Menit)
Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami bagaimana mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai bagaimana mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (420 Menit)
Mengamati:
Guru meminta siswa mengamati bagaimana mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Guru memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, disiplin, dan rasa ingin tahu
Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
Guru membahas dan berdiskusi mempertanyakan tentang bagaimana mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Mengumpulkan Informasi:
Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang bagaimana mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Informatika VII dan mencari sumber belajar lain
Guru dapat menyediakan sumber belajar buku paket dan referensi lain
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok
Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
Guru membimbing siswa untuk menganalisis dan memahami bagaimana mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari tentang mengenal pemfungsian perangkat keras dan sistem operasi, serta aplikasi, bagaimana mengamati saat sebuah peranti (misalnya HP, tablet) dihidupkan sampai siap dipakai, bagaimana mematikan komputer dengan benar, dan macam-macam interaksi dengan antarmuka standar sebagai peranti
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku- buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Alat: Komputer, LCD, peranti lain yang dibutuhkan (handphone/tablet)
Media: PowerPoint
Sumber belajar:
Buku Informatika VII
Buku paket
Buku referensi lain
Teknik/jenis: kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap