Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Memahami fungsi sistem komputer (hardware dan OS) yang memungkinkannya untuk menerima input, menyimpan, memproses, dan mengoutputkan data sesuai dengan spesifikasinya
Menjelaskan mekanisme di sistem komputer
Menjelaskan bagaimana data disimpan dan diproses (unit pengolahan logika dan aritmatika)
Memahami fungsi sistem komputer
Menjelaskan mekanisme sistem komputer
Memahami unit pengolahan logika dan aritmatika
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
Siswa dapat memahami fungsi sistem komputer
Siswa dapat menjelaskan mekanisme sistem komputer
Siswa dapat memahami unit pengolahan logika dan aritmatika
Karakter siswa yang diharapkan:
Bersahabat/komunikatif, disiplin, dan rasa ingin tahu
Ke-6 s.d. 10
Sistem komputer merupakan sekumpulan perangkat komputer yang saling berhubungan dan berinteraksi satu sama lain yang berguna untuk melakukan proses pengolahan data pada komputer, sehingga nantinya dapat menghasilkan informasi yang dibutuhkan oleh penggunanya.
Fungsi sistem komputer, yaitu menginput data, memproses data, menghasilkan data, dan menyimpan data.
Komponen sistem komputer terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan perangkat pikir (brainware).
Perangkat keras (hardware) merupakan alat-alat yang secara fisik dapat dilihat dengan kasat mata dan dapat disentuh oleh tangan manusia. Perangkat keras dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan yang ada padanya (instruction set).
Software adalah perangkat yang menghubungkan suatu komputer dengan pengguna atau perangkat yang digunakan untuk mengontrol perangkat keras atau bisa juga digunakan untuk menghasilkan data informasi. Software memiliki beberapa jenis antara lain sistem operasi, program aplikasi, dan software pemrograman.
Brainware adalah manusia yang terlibat dalam mengoperasikan serta mengatur sistem di dalam komputer. Diartikan juga sebagai perangkat intelektual yang mengoperasikan dan mengeksplorasi kemampuan dari perangkat keras dan perangkat lunak.
Ceramah, Demonstrasi, dan Latihan
Pertemuan Ke-6 s.d. 10
Pendahuluan (30 Menit)
Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang teknik komputer
Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang teknik komputer
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (340 Menit)
Mengamati:
Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknik komputer
2. Guru memberikan penjelasan singkat tentang teknik komputer sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, disiplin, dan rasa ingin tahu
Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknik komputer
Mengumpulkan Informasi:
Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknik komputer
Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Informatika IX dan mencari sumber belajar lain
Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Informatika IX dan referensi lain
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok
Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan teknik komputer dalam masalah sehari-hari
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai teknik komputer
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Alat: Komputer, LCD, peranti lain yang dibutuhkan (handphone/tablet)
Media: PowerPoint
Sumber belajar:
Buku Informatika VII
Buku paket
Buku referensi lain
Teknik/jenis: kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap