Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Mengenal fitur lanjut browser
Mengenal fitur aplikasi CMS (Content Management System), pengelola konten web, sedapat mungkin yang berupa freeware, dan memakai untuk blog
Membuat laporan tugas dengan paket office (terpadu)
Membuat blog untuk menunjang aktivitas siswa, contohnya membuat logbook kegiatan terkait sekolah
Mengenal dan memahami tentang browser dan fitur-fitur yang tersedia
Mengenal fitur CMS dan cara penggunaanya
Membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Office
Membuat blog dan mengisi content
8 jam pelajaran (4 x pertemuan)
Siswa dapat mengenal dan memahami tentang browser dan fitur-fitur yang tersedia
Siswa dapat mengenal fitur CMS dan cara penggunaanya
Siswa dapat membuat laporan tugas dengan paket Microsoft Office
Siswa dapat membuat blog dan mengisi content
Karakter siswa yang diharapkan:
Bersahabat/komunikatif, disiplin, dan rasa ingin tahu
Teknologi informasi dan komunikasi
Web browser terdiri dari dua kata berbahasa inggris yaitu kata “web” dan kata “browser”. Web sendiri merupakan singkatan dari website yaitu suatu halaman situs yang ada di internet. Sedangkan browser memiliki arti alat penjelajah. Sehingga dapat ditarik kesimpulan, pengertian web browser adalah suatu alat yang digunakan untuk menjelajah website.
Fitur web browser adalah menu atau kelengkapan yang disediakan web browser untuk memudahkan pengguna saat browsing. Fitur pada setiap web browser berbeda-beda. Berikut beberapa fitur yang terdapat di Google Chrome.
Menyimpan artikel
Menyimpan halaman web pada dokumen PDF
Incognito mode (mode penyamaran)
Translate halaman web
Google Chrome Task Manager
Reopen closed tab
Melihat source code halaman web
CMS (Content Management System) dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang memberikan kemudahan kepada pengguna dalam mengelola dan mengadakan perubahan isi sebuah website dinamis tanpa dibekali pengetahuan tentang hal-hal yang bersifat teknis.
Adapun manfaat CMS, yaitu manajemen data, mengatur siklus hidup website, mendukung web templating dan standarisasi, personalisasi website, sindikasi, dan akuntabilitas.
Adapun beberapa contoh dari CMS, yaitu Joomla, Drupal, dan Wordpress.
Fitur-fitur Wordpress, antara lain post, media, pages, comment, appearance, plugin, users, tools, dan settings.
Microsoft Office Word sering disebut juga Ms. Word atau Word merupakan software keluaran Microsoft Corporation. Microsoft Word merupakan program pengolah kata yang paling banyak, digunakan karena Ms. Word mempunyai kemampuan yang andal untuk membuat berbagai bentuk dokumen, mulai dari surat, laporan, majalah, dan dokumen-dokumen yang lainnya.
Beberapa hal yang perlu dipelajari dalam pembuatan laporan dengan Ms.Word adalah membuat dokumen baru, membuat shortcut, mengetik di lembar kerja Ms. Word, menyimpan dokumen, dan menutup dokumen.
Blog adalah singkatan dari weblog. Menurut wikipedia, blog didefinisikan sebagai bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum.
Dalam pembuatan blog, Anda harus mempunyai akun email, karena email digunakan untuk proses pendaftaran blog. Saat ini terdapat berbagai penyedia layanan blog, antara lain blogger.com, Wordpress.com, multiply.com, dan sebagainya.
Ceramah, Demonstrasi, dan Latihan
Pertemuan Ke-1 s.d. 4
Pendahuluan
Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang teknologi informasi dan komunikasi
Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang teknologi informasi dan komunikasi
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti
Mengamati:
Guru meminta siswa mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang teknologi informasi dan komunikasi sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara disiplin, kreatif, dan rasa ingin tahu
Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
Guru membahas dan diskusi mempertanyakan tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
Mengumpulkan Informasi:
Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan teknologi informasi dan komunikasi
Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Informatika IX dan mencari sumber belajar lain
Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Informatika IX dan referensi lain
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok
Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
Guru membimbing siswa untuk menganalisis penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam masalah sehari- hari
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai teknologi informasi dan komunikasi
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Alat: Komputer, LCD, peranti lain yang dibutuhkan (handphone/tablet)
Media: PowerPoint
Sumber belajar:
Buku Informatika VII
Buku paket
Buku referensi lain
Teknik/jenis: kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap