Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Mengenal internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi)
Mengenal konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband)
Mengenal enkripsi sebagai salah satu cara untuk memproteksi data, merahasiakan, dan membatasi akses terhadap yang tak berhak
Melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet
Mengenal dan memahami tentang internet dan jaringan lokal
Memahami konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel
Mengenal enkripsi
Melakukan koneksi perangkat jaringan lokal maupun internet
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
Siswa dapat mengenal dan memahami tentang internet dan jaringan lokal
Siswa dapat memahami konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel
Siswa dapat mengenal enkripsi
Siswa dapat melakukan koneksi perangkat jaringan lokal maupun internet
Karakter siswa yang diharapkan:
Bersahabat/komunikatif, disiplin, dan rasa ingin tahu
Pertemuan Ke-1 s.d. 9
Awal mula sejarah internet muncul pada tahun 1969. Saat itu departemen pertahanan Amerika yang bernama Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik.
Internet (Interconnected-Network) merupakan sekumpulan jaringan komputer yang terhubung secara global.
Internet terbentuk dari jaringan yang bekerja berdasarkan suatu protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengatur lalu lintas dalam jaringan.
Ping (Packet Internet Gopher) digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang digunakan terhubung (terkoneksi) dengan jaringan atau tidak.
World Wide Web (WWW) yang disebut juga dengan Web atau W3 dikembangkan pada tahun 1990 di CERN (laboratorium fisika partikel) di Swiss. Web merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext.
Email atau electronic mail adalah fasilitas internet yang memungkinkan seseorang mengirim dan menerima surat yang ditransmisikan secara elektronik.
FTP merupakan salah satu fasilitas di internet yang memungkinkan para pengguna komputer dapat menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain yang terhubung dengan internet.
Jaringan lokal sering disebut dengan Local Area Network (LAN) merupakan jaringan komputer dengan skala kecil (lokal) seperti rumah, kantor, gedung, sekolah, dan laboratorium. LAN biasanya digunakan untuk bertukar data dan sumber daya dalam suatu gedung.
Komunikasi merupakan pertukaran informasi antara dua pihak dengan menggunakan simbol, suara, dan lain-lain yang dapat dipahami antara keduanya melalui media perantara.
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device/alat (seperti komputer, laptop, printer, dan alat komunikasi lain) yang terhubung dalam sebuah jaringan melalui beberapa media.
Jaringan kabel (wired) adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisi data jaringan.
Jaringan nirkabel adalah jaringan tanpa kabel (wireless). Jaringan ini termasuk dalam media tidak terpandu (unguided media) karena tidak dapat diukur dalam satuan metrik.
Enkripsi adalah suatu metode yang digunakan untuk mengkodekan data sehingga keamanan informasi terjaga dan tidak dapat dibaca tanpa dideskripsi terlebih dahulu.
Ceramah, Demonstrasi, dan Latihan
Pertemuan Ke-1 s.d. 9
Pendahuluan (30 Menit)
Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami tentang internet dan jaringan lokal
Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai internet dan jaringan lokal, serta komunikasi data via HP (teknologi komunikasi)
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (60 Menit)
Mengamati:
Guru meminta siswa mengamati konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband)
Guru memberikan penjelasan singkat jaringan komputer/internet sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara bersahabat/komunikatif, disiplin, dan rasa ingin tahu
Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
1. Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
2. Guru membahas dan berdiskusi mempertanyakan tentang bagaimana konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband)
Mengumpulkan Informasi:
Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang konektifitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, broadband)
Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Informatika VIII dan mencari sumber belajar lain
Guru dapat menyediakan sumber belajar buku Informatika VIII dan referensi lain
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok
Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
Guru membimbing siswa untuk menganalisis dan memahami jaringan komputer/internet
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari tentang jaringan komputer internet
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Alat: Komputer, LCD, peranti lain yang dibutuhkan (handphone/tablet)
Media: PowerPoint
Sumber belajar:
Buku Informatika VII
Buku paket
Buku referensi lain
Teknik/jenis: kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap