Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, dan percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.6.1 Menumbuhkan budaya kerja masyarakat digital dalam tim yang inklusif.
4.6.2 Berkolaborasi untuk melaksanakan tugas dengan tema komputing.
4.6.3 Mengenali dan mendefinisikan Persoalan yang pemecahannya dapat didukung dengan komputer.
4.6.4 Mengembangkan dan menggunakan abstraksi (model).
4.6.5 Mengembangkan Artefak komputasional (produk TIK): Siswa menulis rumus untuk menunjang komputasi yang dibutuhkan di pelajaran lain.
4.6.6 Mengembangkan rencana pengujian, menguji dan mendokumentasikan hasil uji artefak Komputasional (produk TIK).
4.6.7 Mengkomunikasikan suatu proses, fenomena, solusi TIK dengan mempresentasikan, memvisualisasikan serta memerhatikan Hak kekayaan intelektual.
Mengenal program visual dari demo dan tutorial
Memahami cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual
Menuliskan sebuah program sederhana di lingkungan visual
12 jam pelajaran (6 x pertemuan)
Siswa dapat memahami program visual dari demo dan tutorial
Siswa dapat memahami cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual
Siswa dapat meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Pertemuan Ke-13 s.d. 18
Microsoft Visual Basic 6.0 merupakan aplikasi pembuatan software yang menggunakan tampilan grafis sebagai alat komunikasi atau disebut juga Graphical User Interface (GUI). Microsoft Visual Basic 6.0 sering disebut juga dengan VB 6.0.
Antarmuka (interface) pada visual basic, berisi main menu, menu toolbar, menu toolbox, form, project explorer, property, dan form layout.
Main menu terdiri dari dua komponen yaitu Menubar dan TitleBar. MenuBar menampilkan menu yang berisi perintah-perintah, sedangkan TitleBar menampilkan judul proyek.
Project adalah sekumpulan form, modul, fungsi, data dan laporan yang digunakan dalam suatu aplikasi.
Untuk membuat project baru, Anda dapat melakukan beberapa cara berikut.
Pilih menu File ® Klik New Project ® Pilih Standart EXE ® klik tombol Open, atau
Klik ikon new project pada Toolbar yang terletak di pojok kiri atas ® Pilih Standart EXE ® klik tombol Open, atau
Tekan Ctrl + N pada keyboard.
Ceramah, Demonstrasi, dan Latihan
Pertemuan Ke-13 s.d. 18
Pendahuluan (30 Menit)
Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
Guru memberi motivasi dengan membimbing siswa memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh siswa yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab untuk memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
Kegiatan Inti (420 Menit)
Mengamati:
Guru meminta siswa memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Guru memberikan penjelasan singkat tentang bagaimana memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek- objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual sehingga menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antarsiswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya secara disiplin, kerja keras, dan mandiri
Guru mengamati keterampilan siswa dalam mengamati
Menanya:
Guru memotivasi, mendorong kreativitas dalam bentuk bertanya, memberi gagasan yang menarik dan menantang untuk didalami
Guru membahas dan berdiskusi untuk memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Mengumpulkan Informasi:
Guru membimbing siswa untuk menggali informasi tentang bagaimana memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Guru membimbing siswa untuk mencari informasi dan mendiskusikan jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun dan mengerjakan Latihan Siswa dan Aktivitas Siswa di buku Informatika VII dan mencari sumber belajar lain
Guru dapat menyediakan sumber belajar buku paket dan referensi lain
Guru dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dengan memberikan konfirmasi atas jawaban siswa, atau menjelaskan jawaban pertanyaan kelompok
Guru dapat menunjukkan sumber belajar lain yang dapat dijadikan referensi untuk menjawab pertanyaan
Mengasosiasi:
Guru membimbing siswa untuk menganalisis tentang bagaimana memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Guru membimbing siswa untuk mendiskusikan hubungan atas berbagai informasi yang sudah diperoleh sebelumnya
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Mengomunikasikan:
Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai bagaimana memahami program visual dari demo dan tutorial, cara kerja dan objek-objek lingkungan pemrograman visual, dan meniru sebuah program sederhana di lingkungan visual
Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengonfirmasi, sanggahan dan alasan, tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya
Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan
Penutup (30 Menit)
Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong siswa untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
Guru melakukan refleksi dengan siswa atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
Guru dapat meminta siswa untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip, atau teori yang telah dipelajari dari buku- buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling, dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar siswa
Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
Alat: Komputer, LCD, peranti lain yang dibutuhkan (handphone/tablet)
Media: PowerPoint
Sumber belajar:
Buku Informatika VII
Buku paket
Buku referensi lain
Teknik/jenis: kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
Bentuk instrumen: pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap